PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Menyinergikan Paham Kemitraan Sawit Rakyat

20 September 2018 - 08:31:27 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 26

Menyinergikan Paham Kemitraan Sawit Rakyat

19 September 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, PEKANBARU - Penerapan rogram peremajaan sawit rakyat (PSR) hingga saat ini kerap dihadapkan pada beragam permasalahan, dari kejelasan status lahan hingga pendataan petani sawit swadaya.

DikatakanWakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI), Togar Sitanggang, salah satu yang perlu dicarikan solusi adalah mengenai persamaan pemahaman terkait skim kemitraan dalam program peremajaan sawit rakyat, lantaran hingga saat ini masih ada anggapan kemitraan mengancam kepemilikan lahan petani. Namun kata Togar, alasan tersebut tidak berdasar lantaran ada MoU yang dilakukan.

"Kemitraan dilakukan dalam program peremajaan untuk mendukung ketersediaan pasokan dan kualitas buah sawit milik petani," katanya kepada InfoSAWIT, Rabu (19/9/2018) di Pekanbaru.

Jika kemitraan hanya diartikan perusahaan sebagai offteker buah sawit petani, kata Togar, belum bisa memberikan kepastian kepada perusahaan terkait keberlanjutan pasokan dan kualitas buah. "Namun demikian persamaan pemahaman ini perlu dilakukan untuk menghindari salah persepsi" katanya.

Apalagi program peremajaan sawit rakyat adalah win win solution bagi penerapan kewajiban plasma 20% bagi perusahaan, dan sebagai upaya peningkatan produktivitas tanpa harus membuka lahan baru. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com