PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
Foto : Ilustrasi Pohon Kelapa Sawit

17 Desember 2019 - 09:54:21 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 78

Membangun Bersama Aksi Berkelanjutan

16 December 2019 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN KSB). Rencana tersebut, akan menetapkan cetak biru strategi nasional minyak sawit berkelanjutan, bertujuan untuk mencapai produksi minyak sawit berkelanjutan pada tahun 2024.

Disusun berdasarkan mekanisme partisipatif multi pihak, di mana semua aktor terkait, ikut terlibat dalam forum multi-pemangku kepentingan. Ini adalah prakarsa penyusunan kebijakan Pemerintah Indonesia yang patut dicontoh negara lain, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara transparan dan demokratis.

Rencana tersebut, juga merupakan tindakan kolektif untuk menerapkan perubahan dan perbaikan komitmen keberlanjutan melalui pola pendekatan dan sistem terintegrasi untuk mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan secara masif di industri kelapa sawit.

RAN KSB ini mencakup lima komponen penting, yaitu, penguatan data, koordinasi dan infrastruktur, meningkatkan kapasitas petani kecil (smallholders), manajemen dan pemantauan lingkungan, tata kelola dan resolusi konflik serta dukungan untuk mempercepat sertifikasi ISPO dan akses pasar.

Potensi besar dari rencana tersebut, yaitu menutup celah dan jurang pemisah antara praktik yang terbaik dengan yang terburuk dalam hal standar keberlanjutan, memberikan bantuan dan akses ke dukungan teknis dan sistem untuk peningkatan kapasitas dan adopsi praktik pertanian yang baik, dengan fokus pada peningkatan produktivitas hasil daripada ekspansi kebun.

Rencana Aksi Nasional ini, juga memberikan ruang untuk konsultasi dan pertukaran pikiran serta merekonsiliasi kepentingan yang bertentangan, termasuk berbagai masalah kontroversial dan kekhawatiran pasar UE yang dapat diatasi melalui dialog intensif. Sekaligus mengakui perjuangan yang dihadapi oleh perusahaan dan pemasok, termasuk petani swadaya, dan berkomitmen untuk mengatasi dan menyelesaikan berbagai kendala. Idenya ada di sana: Meningkatkan Potensi Nasional dalam Keberlanjutan Sosial dan Lingkungan. (Penulis: Edi Suhardi/ Praktisi Perkebunan Kelapa Sawit Di Indonesia.)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait