PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
CPO

06 April 2020 - 13:21:56 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 109

Produksi Minyak Sawit di 2020 Diperkirakan Menurun

06 April 2020 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Perlakuan budidaya secara hemat pada tahun 2019 lalu diperkirakan akan berdampak pada hasil produksi minyak sawit untuk setahun ini. Ditambah sepanjang 2019 lalu musim kering tercatat lebih panjang dan waktu terjadinya lebih cepat. Kekeringan tersebut juga memiliki kontribusi pada penurunan produksi yang dampaknya akan mulai dirasakan 8 bulan sampai 1,5 tahun semenjak terjadinya kekeringan.

Sehingga pada tahun 2020 diperkirakan bakal ada penurunan produksi dibanding tahun 2019. Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Joko Supriyono tidak bisa menyebutkan berapa besar penurunan produksi tersebut, namun secara incremental (pertumbuhan rata-rata produksi) akan ada penurunan.

Bila biasanya peningkatan itu rata-rata mencapai 4 juta ton setiap tahun, maka di 2020 pelonjakannya akan tidak setinggi itu. “Paling tidak turun separuhnya atau lebih rendah dari tahun 2019,” katanya kepada InfoSAWIT.

Sejatinya upaya peningkatan produktivitas guna menggejot produksi juga dilakukan lewat program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), namun semenjak 2017 kegiatan tersebut dilakukan belum juga menunjukkan dampak yang signifikan terhadap peningkatan jumlah produksi, alasannya luasan belum begitu signifikan lantas dampak baru bisa dirasakan untuk lima tahun kedepan..

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait