PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
foto: Dok.RSPO

06 February 2020 - 14:12:48 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 163

Sertifikasi Rantai Pasok (SCC) Sawit Ditentukan

06 February 2020 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) belum lama ini menyelenggarakan berbagai pertemuan selama proses konsultasi publik untuk Standar Sertifikasi Rantai Pasok/ Supply Chain Certification (SCC). Kegiatan ini termasuk guna menentukan persyaratan SCC dalam Prinsip dan Kriteria (P&C) RSPO dan Sistem SCC di berbagai wilayah sebagai bagian dari tinjauan SCC.

Tercatat terdapat beberapa topik hangat yang dibahas selama sesi konsultasi publik seputar persyaratan terkait dengan pendaftaran transaksi, data yang dapat diaudit, kapasitas auditor internal, siklus sertifikasi, dan kompetensi auditor.

Selain itu, yang tentu menjadi sangat menarik ialah adanya kemungkinan dimasukkannya persyaratan Tanggung Jawab Bersama dalam Standar SCC (atau dalam dokumen terpisah) untuk dapat diterapkan pada organisasi yang mencari atau memegang SCC.

Selama konsulatasi public, Sekretariat RSPO menyelenggarakan tiga pertemuan tatap muka di Asia, satu di Eropa (dalam bahasa Inggris), serta dua webinar dalam bahasa Spanyol dan Inggris, dimana diikuit sekitar lebih dari 200 peserta.

Selain itu, anggota RSPO diminta untuk memberikan umpan balik (masukan) tentang Standar SCC dan rancangan sistem melalui survei online. Dari kegiatan tersebut terdapat sekitar 75 responden yang memberikan 270 komentar tentang Standar SCC. Lantas sebanyak 49 responden selanjutnya memberikan 147 komentar pada dokumen Sistem SCC.

Perubahan utama yang diusulkan dalam Standar SCC adalah penyertaan dokumen yang relevan sebagai lampiran; sementara untuk definisi akan ditingkatkan dan dimasukkan; dan amandemen persyaratan lacak balak umum yang terkait dengan audit internal, memasok daftar pabrik, dan pendaftaran transaksi. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait