PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
cpo

08 Desember 2020 - 10:04:47 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 654

Serapan dan Pembelian Minyak Sawit Berkelanjutan (CSPO) Meningkat

08 December 2020 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Sejalan dengan upaya mendorong minyak sawit berkelanjutan menjadi norma, sampai saat ini produksi dan serapan minyak sawit berkelanjutan (CSPO) terus bertumbuh. Merujuk Laporan Dampak 2019 yang diterbitkan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), mencatat selama periode 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2019, pasar telah membeli sebanyak 7,07 juta ton CSPO, dan penjualan secara keseluruhan meningkat 13%.

Secara global, total area bersertifikat RSPO tumbuh 9% menjadi 4,2 juta hektar (ha) di 17 negara pada akhir 2019, dengan pabrik minyak sawit bersertifikat telah memproduksi 15,19 juta ton CSPO dan 3,38 juta ton Kernel Sawit Berkelanjutan Bersertifikat (CSPK), dimana masing-masing, meningkat 13% dan 11% dibanding tahun lalu. Tercatat Indonesia maupun Malaysia tetap menjadi negara penghasil kelapa sawit terbesar, mencakup total 81% dari total area bersertifikat RSPO.

Chief Executive Officer RSPO, Beverley Postma mengungkapkan, sangat menginspirasi melihat seberapa banyak yang telah dicapai oleh anggota RSPO dalam rentang satu dekade, dan baru-baru ini, melihat beberapa inisiatif yang diluncurkan yang semakin memperkuat posisi RSPO sebagai pemimpin standar sertifikasi minyak sawit berkelanjutan.

“Kami menyadari masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan jika kami benar-benar ingin mencapai transformasi pasar. Saya yakin bahwa anggota RSPO di seluruh rantai pasokan akan bekerja sama untuk meningkatkan penggunaan CSPO, memberikan dampak positif, dan mengatasi tantangan serta peluang lain yang mungkin akan kami hadapi pada tahun 2021 dan seterusnya,” katanya. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait