PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
cpo

12 Januari 2021 - 14:49:39 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 78

Harga CPO di 2020 Lebih US$ 770/Ton

11 January 2021 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Guna memasok kebutuhan biodiesel nasional sebesar 9 juta ton, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah besar memasok kebutuhan bahan baku dari CPO hingga 3 juta ton sampai akhir tahun 2020. Kondisi kebutuhan akan bahan baku dari CPO, tentu berdampak langsung terhadap keberadaan CPO bagi pasar dunia.

Lantaran produksi sepanjang tahun 2020 juga mengalami tren penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi perkebunan kelapa sawit nasional tahun ini, cenderung mengalami kesulitan mendapatkan produksi maksimal, akibat adanya agroklimat yang kurang mendukung. Alhasil, secara nasional, hampir semua perkebunan kelapa sawit nasional juga terkena imbasnya.

Di sisi lain, kondisi perkebunan kelapa sawit nasional, selama kurun waktu 2 tahun terakhir, cenderung kurang mendapatkan perawatan maksimal. Sebab, harga jual CPO dalam kurun waktu yang sama, cenderung mengalami tren penurunan harga, yang menyebabkan perkebunan kelapa sawit nasional, secara umum, mengalami stagnasi atau kerugian berkepanjangan.

Sejak akhir 2019 lalu, beberapa pakar peramal harga memang sudah memprediksi akan adanya tren pertumbuhan harga CPO di tahun 2020 ini (baca: majalah InfoSAWIT edisi November 2019). Pusat Data Bisnis InfoSAWIT (PDBIS) juga memprediksi harga CPO akan tembus US$ 770/Ton di tahun 2020, dengan alasan utama stagnasi atau melambatnya produksi CPO nasional dan adanya pertumbuhan pasar dunia tahunan.

Pada bulan yang sama di tahun 2020 ini, kabar terbaru dari Bursa Derivatif Malaysia, harga CPO untuk pengiriman Januari 2021, telah menyentuh harga sebesar RM 3238/Ton atau senilai US$ 784/Ton dengan kurs 1RM senilai 0,24 US$. Tingginya harga CPO di awal tahun 2021 nantinya, menjadi gambaran akan menggeliatnya bisnis minyak sawit di tahun depan.

Gambaran ini menunjukan tren pertumbuhan harga hingga akhir tahun 2020, akan terus bertumbuh dan mencapai titik ultimate di tahun depan. Tentu ini menjadi angin segar bagi produsen CPO khususnya perkebunan kelapa sawit nasional termasuk petani kelapa sawit nasional. Pertumbuhan harga CPO yang cenderung naik di pasar dunia, juga harus mendapat pasokan yang memadai. (Editorial InfoSAWIT Edisi November 2020)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait