PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id

SAMBUTAN DIREKTUR UTAMA

PADA UPACARA BENDERA 20 MEI 2016

Assalamu’alaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi, salam Sejahtera

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kita bisa menghadiri upacara bendera pagi ini dalam keadaan sehat walafiat.

 

Saudara, Karyawan-karyawati PT Perkebunan Nusantara XIII yang saya hormati,

Hari ini 20 Mei 2016 upcara bendera diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 108. Yaitu momentum sejarah ketika Budi Utomo sebagai salah satu elemen bangsa mencanangkan nilai-nilai nasionalismeyang menjadi cikal bakal semangat kebangsaan yang mendorong terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ditengah perubahan budaya global yang sedang berlangsung saat ini maka penanaman kembali pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi penting agar bangsa Indonesia tidak tercerabut dari jati diri dan akar budaya nasional.

 

Saudara, Karyawan-karyawati PT Perkebunan Nusantara XIII yang saya hormati,

Bahwa selama beberapa tahun terakhir ini perusahaan kita sedang menghadapi kesulitan dan cobaan yang belum pernah dialami sejak berdirinya PTPN XIII 20 tahun yang lalu. Ditengah melemahnya harga komoditi perkebunan, produktivitas tanaman kita terus menurun dan biaya produksi cenderung naik. Kinerja korporasi sudah jauh tertinggal dari perusahaan best practices. Perusahaan kita juga menghadapi masalah keuangan akibat beban investasi dimasa lalu dan piutang plasma yang belum tertagih.

 

Dengan kondisi kompleksitas permasalahan yang demikian berat maka hanya kebersamaan, kesadaran dan pengorbanan kita bersama yang bisa menyelematkan perusahaan dari gejolak yang sedang kita hadapi.                         

Untuk membawa keluar dari krisis maka manajemen akan menempuh kebijakan dan program yang mungkin terasa pahit namun hanya itulah satu-satunya pilihan yang akan menyehatkan untuk jangka panjang, melalui konsolidasi internal dan penataan portofolio, diantaranya adalah;

  1. Menggali potensi secara maksimal melalui upaya yang sungguh-sungguh dan bekerja keras guna memperoleh raihan produksi dari kebun inti, plsma dan pihak ke 3 sesuai sasaran yang telah ditetapkan dalam RKAP 2016.
  2. Dengan dukungan Pemegang saham, manajemen akan berupaya melakukan penanaman ulang rehabilitasi tanaman dan perbaikan aset produktif lainnya.
  3. Melakukan restrukturisasi organisasi, review standar formasi dan SDM yang akan berdampak kepada redistribusi SDM ke unit-unit yang bersifat produktif.
  4. Menerapkan zero toleran terhadap penyimpangan dan perilaku yang tidak patut sesuai standar etik dan ketentuan yang berlaku seperti diantaranya melakukan kegiatan fiktif, menutup buku pekerjaan yang belum selesai serta perilaku memperkaya diri sendiri atau orang lain.
  5. Penguatan kapasitas (capacity building) melalui keteladanan dan diklat untuk membangun SDM yang profesional dan berintegritas.

Untuk itu, kepada seluruh jajaran perusahaan saya menginstruksikan hal – hal sebagai berikut:

  1. Perkuat pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan bidang tugasnya masing –masing. Setiap insan perusahaan dimanapun ditempatkan harus paham dan cakap terhadap bidang tugas sesuai dengan PDK/SOP yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
  2. Pupuk rasa kebersamaan diantara pimpjnan dan anak buah ditempat masing-masing menuju tata hubungan yang harmonis
  3. Bekerjalah dengan hati yang tulus atas landasan menciptakan karya guna penyelamatan dan perbaikan perusahaan.
  4. Jadikanlah tugas dan pekerjaan sebagai manifestasi ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pertanggungjawaban yang paripurna.

Untuk mendukung tujuan sebagaimana tersebut diatas, maka setiap pimpinan ditingkatan masing-masing diminta melakukan sosialisasi dan internalisasi tentang arah kebijakan dan program penyelamatan perusahaan agar bisa difahami dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran  dan dengan diiringi permohonan doa kepada Tuhan Yang Maka Kuasa maka setiap langkah yang kita tempuh senantiasa akan selalu dalam perkenan dan ridho-Nya.

Mari kita jalankan tugas mulia ini dengan sepenuh jiwa raga. Semoga kelak sejarah akan mencatat kita sebagai generasi yang bertanggung jawab dan pantas mengemban amanat untuk kemajuan dan kesejahteraan PTPN XIII dimasa yang akan datang.

 

Saudara, Karyawan-karyawati PT Perkebunan Nusantara XIII yang saya hormati,

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan keyakinan saya bahwa Tuhan tidak akan memberikan ujian yang tidak dapat kita pikul, melainkan untuk menjadikan kita menjadi manusia tangguh.

 

Selamat bekerja dan berkarya, terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Warabakatuh
Selamat Pagi, Salam Sejahtera

 

Pontianak, 20 Mei 2016

"Abdul Ghoni"
Direktur Utama
26 Mei 2016