PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
  • Tanam Perdana Padi desa Sebakung Taka

  • Kemitraan : usaha minuman Aloe vera / Lidah buaya

  • Kemitraan : kerajinan perak

  • Kemitraan : pameran mitra binaan

  • Kemitraan : pameran mitra binaan

  • Kemitraan : usaha kerajinan perhiasan

  • Kemitraan : usaha kerajinan anyaman

  • Kemitraan : usaha tanaman aloe vera / lidah buaya

  • Kemitraan : usaha tenun khas daerah

  • Kemitraan : usaha ternak ayam

  • Kemitraan : usaha ternak ikan

14 Maret 2012 - 21:15:30 | views : 9793
Last update : 25 Agustus 2012 - 21:19:42

kemitraan

PT Perkebunan Nusantara XIII (PERSERO) dalam melaksanakan Program Kemitraan mengacu pada Peraturan Menteri Negara BUMN  No.PER-5/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang Program Kemitraan BUMN  dengan Usaha Kecil  dan Program Bina Lingkungan.   Sumber Dana Program PKBL  bersumber dari alokasi pembagian laba perusahaan dan pengembalian pinjaman mitra binaan serta pendapatan dari jasa giro / bunga bank.

PROGRAM KEMITRAAN

PTPN XIII aktif dalam pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sekitar wilayah Kebun/Unit kerja dengan sistem dana bergulir dan hibah yang langsung mendukung kegiatan kemitraan. Sasaran Program Kemitraan adalah agar usaha kecil menjadi tangguh dan mandiri. Jumlah Mitra Binaan dari tahun 2007 – 2011 di tunjukkan pada grafik dibawah (orang)

 
 

PTPN XIII juga memberikan pembinaan untuk mendukung pengembangan usaha mitra binaan, di antaranya yang telah dilakukan yaitu:
- Melakukan pelatihan kewirausahaan kepada Mitra Binaan
- Mengikuti gelar karya PKBL BUMN pada acara :

  1. Pameran Pasar Murah
  2. Pameran Gebyar PKBL BUMN
  3. Pameran Expo Nusantara 2011
  4. Pameran Gelar Dagang dan Bisnis Expo untuk mempromosikan kain tenun Sintang, Olahan Lidah Buaya dan Batu Permata.

Jenis usaha yang didanai oleh Program Kemitraan sebesar Rp. 6,618 Milyar adalah sebagai berikut :

  1. Sektor Industri . Dana pinjaman yang tersalur tahun 2011 sebesar Rp 0,225 miliar Sektor Perdagangan. Dana pinjaman yang tersalur tahun 2011 sebesar Rp 2,968 miliar dipinjamkan ke mitra binaan yang digunakan untuk pengembangan perdagangan seperti warung makan/minuman, sembako dan toko pakaian.
  2. Sektor pertanian dan perkebunan. Dana pinjaman yang tersalur tahun 2011 sebesar Rp 1,560 miliar dipinjamkan ke mitra binaan yang digunakan untuk pengembangan pertanian dan perkebunan kelapa sawit, perkebunan tanaman hias dan pertanian cabai.
  3. Sektor peternakan dan perikanan. Dana pinjaman yang tersalur tahun 2011 sebesar Rp  0,650 miliar dipinjamkan ke mitra binaan yang digunakan untuk ternak ayam, penggemukan sapi, budi daya ikan hias & ikan air tawar.
  4. Sektor jasa. Dana pinjaman yang tersalur untuk sektor jasa tahun 2011 sebesar Rp 1,215 miliar dipinjamkan ke mitra binaan yang digunakan untuk pengembangan sektor jasa seperti jasa Digital Studio, penjahit, percetakan dan sablon, jasa transportasi dan jasa perbengkel.
Program Kemitraan Sinergi
PTPN XIII juga mengadakan kerjasama (sinergi) dengan PT Pertamina (Persero) dalam rangka peningkatan optimalisasi pelaksanaan Program Kemitraan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor : PER-05/MBU/2007 dimana BUMN Pembina dapat melakukan kerjasama dengan BUMN Penyalur dan/atau dengan Lembaga Penyalur.
Pada tahun 2011, PKBL PTPN XIII (Persero) bekerjasama dengan PKBL PT. Pertamina (Persero) dalam penyaluran dana sinergi untuk pembayaran pupuk  kepada petani  plasma, sehingga lebih mudah dalam mendapatkan pupuk. Sampai dengan tahun 2011, jumlah KUD yang mendapatkan bantuan pinjaman sinergi pupuk senilai Rp 7,64 miliar sebanyak 42 KUD (meningkat dari tahun 2010 yang terealisasi sebanyak 29 KUD).
 
Kinerja Program Kemitraan
Efektivitas penyaluran dana Program Kemitraan tahun 2011 sebesar  80,21 % , menurun dari tahun 2010 yaitu sebesar 98,07%.