PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
  • BUMN Peduli : PTPN XIII menggelar pasar murah sembako

  • Bina Lingkungan : penyerahan bibit tanaman untuk penghijauan

  • Bina Lingkungan : Penanaman sejuta pohon

  • Bina Lingkungan : Percontohan kebun sawit di untan

14 Maret 2012 - 21:15:47 | views : 8740
Last update : 04 April 2012 - 11:30:11

bina lingkungan

PTPN XIII aktif melaksanakan Program Bina Lingkungan yang merupakan upaya pembinaan dengan menyalurkan bantuan dana hibah kepada masyarakat wilayah sekitar kebun/unit Usaha. Program Bina Lingkungan diprioritaskan pada bantuan yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat seperti bencana alam, pendidikan dan latihan, peningkatan kesehatan, prasarana & sarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam.

Dana  Program Bina Lingkungan berasal dari pembagian laba perusahaan . Sasaran Bina Lingkungan adalah pemberdayaan kondisi dan kualitas sosial/ekonomi masyarakat. Jumlah dana tersalur Bantuan Bina Lingkungan tahun 2011 mencapai Rp 3,155 milyar, sedangkan sampai dengan tahun 2011 total dana tersalur sebesar Rp 20,925 milyar.

 

BUMN PEDULI

Pada tahun 2011, penyaluran program BUMN Peduli di fokuskan pada gerakan penghijauan / pelestarian alam dan ketahanan pangan sebesar Rp 409.947 juta , dengan rincian sebagai berikut  :

  1. Penanaman 73.850 pohon dalam rangka gerakan tanam 1 milyar pohon di sekitar wilayah kerja PTPN XIII (Persero) antara lain  Pohon Mahoni, Matoa, Pohon Trembesi, Bintagor, Pohon  Pucuk Merah, Tanjung dan pohon Bambu Jepang.
  2. Pembagian 2.210 pohon buah-buahan  yang dibagikan kepada masyarakat Sei Raya (Kab. Kubu Raya) dan Jeruju (Kota Pontianak) dalam rangka  gerakan 1 milyar pohon  (500 pohon mangga, nangka, 500 pohon rambutan , 100 pohon langsat, 500 pohon lengkeng, 100 pohon pinang merah dan 10 pohon durian )
  3. Penanaman 10.000 pohon bakau / mangrove di sepanjang 3,5 km pesisir Pantai Desa Sungai Duri I & II Kecamatan Sungai Kunyit Kab. Pontianak
  4. Ketahanan pangan program peningkatan padi metode SRI di Desa Sungai Rengas dan kegiatan Pasar Murah di sekitar wilayah kerja.

 

BUMN PEMBINA

  1. Bantuan Bencana Alam untuk rehabilitasi rumah adat di Kab. Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang terbakar sebesar Rp 15.000.000
  2. Bantuan Pendidikan dan Pelatihan
    • Bantuan Beasiswa

PTPN XIII ikut berpartisipasi di dalam memajukan bidang pendidikan dan pelatihan melalui pemberian bantuan beasiswa bagi siswa yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. Hal ini dimaksudkan agar generasi calon penerus bangsa tersebut memiliki bekal yang cukup dan mampu menyelesaikan pendidikannya sehingga kelak dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa. Pada tahun 2011, bantuan di bidang pendidikan dan pelatihan yang diberikan mencapai Rp 177,15 juta.

Data jumlah penerima beasiswa tingkat SD , SMP, SMA dan Perguruan tinggi (orang)

No Uraian 2009 2010 2011
1 Beasiswa SD 0 67 30
2 Beasiswa SMP 38 20 14
3 Beasiswa SMA 14 0 10
4 Beasiswa Perguruan Tinggi 10 10 10
Jumlah Penerima Beasiswa 62 97 64
  • Program Pendidikan

Kebun Pendidikan, Peneilitian dan Pariwisata adalah suatu hamparan pertanian terpadu yang meliputi areal perkebunan, kehutanan, hortikultura, peternakan, dan perikanan. Kebun tersebut diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen serta masyarakat dalam lingkup luas,mulai dari penyelenggaraan pendidikan dan penelitian hingga keharmonisan dan kelestarian alam.

Setiap event yang di ikuti dalam rangka dukungan dalam dunia pendidikan maupun pembangunan pembukaan lahan kebun pendidikan. Di tahun 2011, Perusahaan telah memberikan bantuan sebesar Rp  150,149 juta kepada masyarakat sekitar wilayah kerja PTPN XIII.

  • Bantuan Pendidikan Non – Formal

Terkait program pendidikan non formal, PTPN XIII melaksanakan program Pendidikan non-formal sebesar   Rp 167, 283 juta yang digunakan untuk pelatihan dan penyuluhan perkoperasian, Social Enterpreneurship Leader (SEL), penangkaran anggrek, budidaya jagung petani, budidaya tanaman jamur tiram. Program ini diharapkan dapat membekali peserta dengan ketrampilan dan pengetahuan wirausaha sehingga mereka dapat membantu perekonomian keluarga dan mengembangkan usaha home industry di sekitar wilayah kerja PTPN XIII.

3. Bantuan Peningkatan Kesehatan

Di bidang kesehatan, PTPN XIII menyediakan sarana kesehatan yang diperuntukkan untuk melayani karyawan PTPN XIII dan masyarakat sekitar dengan tarif yang wajar.

  1.  Sarana kesehatan yang dimiliki PTPN XIII adalah :

    • Rumah Sakit 2 (dua) unit yang berada di Kebun Parindu dan Kebun Danau Salak.
    • Rumah Sakit Pembantu 2 (dua) unit berada di Kebun Gunung Meliau dan Kebun Sungai Dekan.
    • Poliklinik 8 (delapan) unit yang berada di Kebun Rimba Belian, Kebun Kembayan, Kebun Sintang, Kebun Ngabang, Kebun Tajati, Kebun Tabara dan Kebun Kumai.

    Total dana yang disalurkan melalui program bidang kesehatan adalah Rp 100 juta dengan rincian sebagai berikut :

    • Bantuan sunatan missal 223 anak yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kalbar, LP3M, Masjid Raya Mujahidin Pontianak.
    • Bantuan gerakan “Gerakan Selamatkan ibu – ibu bersalin tahun 2011” di Pontianak
    • Pembuatan beberapa posyandu di lingkungan  kerja PTPN XIII.
    • Pemberian bantuan kursi roda, tongkat ketiak, adult walker sebagai bentuk kepedulian PTPN XIII dalam rangka memperingati Hari Penyandang Cacat Internasional (HIPENCA) di Kalimantan Barat.

4. Bantuan Prasarana dan Sarana Umum

Di bidang peningkatan prasarana dan sarana umum, sepanjang tahun 2011  PTPN XIII telah menyalurkan dana sebesar Rp 1,925 milyar. Fokus pembangunan prasarana dan sarana umum adalah perbaikan jalan, jembatan dan gorong-gorong sehingga dapat memperlancar transportasi untuk kegiatan perekonomian dan masyarakat di sekitar wilayah kerja Perusahaan. Dana tersebut juga telah dimanfaatkan untuk kegiatan antara lain :

  • Bantuan untuk upacara adat Naek Dango dan kegiatan Gawai Dayak di Pontianak dan Kabupaten Sanggau.
  • Bantuan kepada kelompok Tani  Nelayan Andalan  (KTNA) Kalbar untuk partisipasi kegiatan Pekan Nasional XIII Petani Nelayan di Kaltim.
  • Bantuan kendaraan roda 3 (Tossa) untuk angkutan sampah.
  • Bantuan pembangunan sarana dan prasaran sanitasi air bersih di beberaa sekolah dan Pondok Pesantren.
  • Bantuan pengadaan semen untuk perbaikan jalan umum, pembangunan jembatan penghubung, gelar pasar murah (beras, gula, minyak goreng)
  • Bantuan 2.500 kg bibit padi dan 100 pack bibit hortikultura (jagung, tomat dan kacang panjang)
  • Pembuatan tower air bersih di Kabupaten Sanggau.
 
 
  5. Bantuan Sarana Ibadah

PTPN XIII memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelengkapan sarana ibadah yang memadai sehingga masyarakat sekitar dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dalam suasana kerukunan. Sepanjang tahun 2011, PTPN XIII telah mengalokasikan dana sebesar Rp  155,620 juta untuk pembangunan dan perbaikan beberapa tempat ibadah, TPA, madrasah dan surau di di sekitar wilayah kerja PTPN XIII (Persero)


							
 
 
 
6. Bantuan Pelestarian Alam

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, PTPN XIII memiliki komitmen yang tinggi untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan terlibat aktif di dalam gerakan pelestarian lingkungan. Pada tahun 2011, dana yang dialokasi untuk kegiatan tersebut mencapai Rp 520,224 juta. Beberapa program pelestarian alam yang pernah dilakukan PTPN XIII adalah sebagai berikut:

  • Sengonisasi

Sebagai kelanjutan program Sengonisasi di lahan seluas 10 ha di Dusun Rasau Karya Desa Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya yang telah terlaksana mulai tahun 2009, PTPN XIII mengalokasikan dana untuk program pemeliharaan tanaman pohon sengon, serta penyulaman pohon sengon yang terbakar sejak tahun 2010 hingga tahun 2011.  PTPN XIII meyakini bahwa program sengonisasi ini akan memberikan manfaat ganda bagi masyarakat dan lingkungan karena pohon sengon merupakan pohon yang serba guna.

 
 
 
  • Program Penyelamatan Pantai

PTPN XIII bekerjasama dengan Universitas Tanjungpura Pontianak melakukan program penyelamatan pantai di desa Sepok Laut, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Program tersebut berupa penanaman pohon jenis Bakau disertai pendampingan ke masyarakat serta penanaman 7000  pohon bakau/mangrove dari 10.000 pohon sepanjang 3,5 km pesisir pantai Desa Sungai Duri I & II Kec. Sei Kunyit  Kabupaten Pontianak.  Tujuannya adalah untuk penghijauan, pencegahan abrasi dan akresi pantai, dengan memberdayakan masyarakat untuk menanam pohon jenis bakau. Masyarakat sekitar juga mendapat bimbingan dan penyuluhan cara penanaman pohon dan pembuatan bibit bakau. Selain untuk penyelematan pantai, diharapkan hutan bakau yang tumbuh dan terjaga dengan baik dapat menjadi tempat berkembang biak udang sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat nelayan sekitar.

 
  • Program Penghijauan Lingkungan (Reboisasi)

Untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara, serta dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu). Maka dalam rangka gerakan penanaman 1 milyar pohon, PTPN XIII turut berperan aktif dalam menghijaukan daerah-daerah di sekitar wilayah kerja PTPN XIII, diantaranya :

  1. Penanaman 1.000 meranti dan 1.000 pohon Mahoni siap tanam ke Batalyon Infantri 643 Wanara Sakti Anjungan.
  2. Bantuan tanaman hias (hanjuang,  pangkas hijau, soka hawai, lili Bombay dan pucuk merah) untuk Kampus Untan dan dalam rangka penghijauan kota Pontianak bekerjasama dengan Dinas Kebersihan Kota Pontianak.
  3. Penanaman pohon di sekitar wilayah kerja PTPN XIII dalam rangka hari Lingkungan Hidup Sedunia sebanyak 10.000 pohon yang terdiri dari : Pohon Mahoni, pohon Meranti, pohon Trembesi, pohon Tanjung, pohon Mangga Harum Manis dan pohon Rambutan.
  4. Penanaman 100 bibit pohon Tanjung  dan 100 bibit Mahoni guna pelestarian alam / penghijauan lingkungan di pinggir trans Kalimantan.

 

KINERJA PROGRAM BINA LINGKUNGAN

Efektivitas penyaluran dana Program Bina Lingkungan  tahun 2011 sebesar  98,01 % , mengalami penaikan sebesar 25,91 % dari tahun 2010 yaitu sebesar 72,01%.